Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah Universitas Lambung Mangkurat Tahun 2018

LATAR BELAKANG

Pembangunan di Indonesia mengarah pada pengalih fungsian lahan, bukan hanya lahan kering (lahan mineral), melainkan juga lahan basah. Seringkali pengalih fungsian dilakukan dengan cara atau teknik yang dampaknya dapat dikategorikan membahayakan, baik bagi lahan basah itu sendiri maupun bagi lingkungan. Cara yang berdampak signifikan adalah pengurugan dan pembakaran. Cara ini bermula dari ketidakmampuan dan ketidakmauan masyarakat untuk memahami karakter lahan basah secara menyeluruh, sehingga pada akhirnya lahan basah rusak sebelum masyarakat memahami karakter tersebut lebih mendalam.

Dampak tidak selalu terjadi sekaligus dan dirasakan segera. Dampak terjadi melalui proses panjang yang pada akhirnya kerugian berlipat ganda pun diperoleh. Biodiversitas pada level spesies menurun. Beberapa tumbuhan dan hewan berangsur-angsur punah, walaupun untuk sementara berlangsung secara lokal. Bersamaan dengan kepunahan spesies tumbuhan dan hewan, biodiversitas gen dipastikan berubah, istilah sederhana tetapi bermakna luas untuk tidak mengatakannya menurun atau berkurang. Ringkas kata, lahan basah tidak dapat dimanfaatkan secara lestari.

Pembangunan diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup di seluruh sector, baik di tingkat nasional maupun daerah.  Peningkatan kualitas hidup masyarakat akan tercapai melalui pengembangan kecerdasan, pengembangan teknologi, keterampilan, dan moral pembangunan sumber daya manusia yang tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, serta seni untuk mengelola sumber daya alam secara bijaksana dan berkesinambungan. Pembangunan berwawasan lingkungan haruslah berorientasi pada kebutuhan pokok hidup manusia, pemerataan sosial, peningkatan kualitas hidup, serta pembangunan yang berkesinambungan untuk perkembangan dan perbaikan kulitas hidup masyarakat.

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merupakan salah satu perguruan tinggi di Kalimantan Selatan yang peduli terhadap pendidikan dan pelestarian lingkungan hidup terutama di lingkungan lahan basah. Visi ULM yang berbunyi “Terwujudnya ULM sebagai Universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah” telah menyiratkan komitmen pelestarian dan konservasi lingkungan lahan basah dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi serta perkembangan ilmu pengetahuan dan IPTEKS yang berfokus pada program unggulan lingkungan lahan basah. Peran serta Universitas Lambung Mangkurat sebagai penyedia praktisi maupun akademisi dalam berbagai bidang penelitian dan pendidikan sangat besar.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, ULM tidak hanya harus mengenal secara mendalam karakteristik lahan basah, tetapi juga harus memberi pahaman kepada masyarakat bahwa lahan basah harus dimanfaatkan secara bijak. Penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis lingkungan lahan basah menjadi bentuk tanggung jawab civitas akademika. Penyelenggaraannya harus berkesinambungan, karena ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya masyarakat berkembang secara personal maupun generasi. Hasil penelitian yang dilakukan masyarakat akademis harus didesiminasikan secara luas, sehingga hasil informasi dapat disebarluaskan.

Seminar nasional dengan tema “potensi, peluang, dan tantangan pengelolaan lingkungan lahan basah secara berkelanjutan” yang dilaksanakan Universitas Lambung Mangkurat melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ULM bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Magister Pendidikan Biologi (HIMPABIO) ULM. Kegiatan seminar ini merupakan kegiatan tahunan yang menghimpun makalah hasil penelitian dari dosen, guru, peneliti, praktisi, pemerhati, mahasiswa, dan masyarakat, kemudian dipresentasikan di forum peserta seminar. Seminar nasional lingkungan lahan basah melibatkan pemakalah utama, pemakalah pendamping, dan peserta terkait dari seluruh Indonesia.

 

TUJUAN

  1. Membangun komunikasi akademik antar dosen, guru, peneliti, praktisi, pemerhati lingkungan, dan mahasiswa untuk memberikan pemikiran atau ulasan tentang temuan-temuan yang diperoleh dari penelitan dan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakannya.
  2. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dan/atau pemikiran atau ulasan tentang potensi, peluang, dan tantangan penglolaan lingkungan lahan basah secara berkelanjutan yang telah dilakukan dosen, guru, peneliti, praktisi, pemerhati lingkungan, dan mahasiswa.

 

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan Seminar Nasional diselenggarakan pada Hari Sabtu, Tanggal 17 November 2018 bertempat di Barito Room Hotel Aria Barito Banjarmasin (Persentasi Pemakalah Utama dan Seminar Kelas Paralel) pada Pukul 08.00 – 17.00 WITA.

 

NARA SUMBER/ PEMBICARA UTAMA

Prof. Emil Salim, M.A., Ph.D.

Tokoh lingkungan hidup Internasional – Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia –Pendiri Yayasan KEHATI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sub Tema:

Pembangunan berwawasan lingkungan dan Pelestarian Lingkungan Lahan Basah untuk Kesejahteraan Masyarakat

 

Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) – Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Lambung Mangkurat – Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

Sub Tema:

Potensi, peluang, dan tantangan dunia pendidikan dalam pengelolaan lingkungan lahan basah secara berkelanjutan

 

TOPIK KAJIAN

1). Pertanian dan Ketahanan Pangan,

2). Kesehatan dan Obat-obatan,

3). Biodiversitas dan Bioteknologi,

4). Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan,

5). Energi Baru dan Terbaharukan,

6). Hukum dan Kebijakan,

7). Sosial, Ekonomi, Seni, dan Budaya,

8). Pendidikan dan Pembelajarannya.

 

PESERTA

  1. Dosen
  2. Guru
  3. Mahasiswa
  4. Peneliti
  5. Praktisi/Pemerhati bidang terkait

 

PENDAFTARAN ABSTRAK OLEH PEMAKALAH

Pemakalah
Umum : Rp. 300. 000
Dosen/Guru : Rp. 250.000
Mahasiswa S2/S3 : Rp. 200.000
Mahasiswa S1 : Rp. 150.000
Peserta/Non Pemakalah
Umum/Dosen/Guru : Rp. 150.000
Mahasiswa S2/S3 : Rp. 150.000
Mahasiswa S1 : Rp. 100.000
Prosiding Cetak p-ISSN : Rp. 200.000

CARA PEMBAYARAN

Pembayaran dapat dilakukan melalui:

BNI Kantor CAPEM UNLAM No Rek: 0474733551 a.n. Maulana Khalid Riefani

Bukti pembayaran dapat dikirimkan pada email  semnaslahanbasah.ulm@gmail.com

 

FASILITAS

  • Seminar KIT
  • Sertifikat
  • Snack
  • Makan Siang

Formulir Seminar Nasional dapat diakses pada http://bit.ly/2DCSng0

FORMAT MAKALAH

  • Abstrak

Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tidak boleh lebih dari 300 kata, satu paragraf, dan tidak ada referensi. Abstrak ditulis dalam Arial Narrow, berukuran 10 pt, dan spasi 1. Judul ditulis dalam, Arial Narrow, dicetak tebal, setiap kata huruf Kapital, dan ukuran 14 pt. Nama dan afiliasi ditulis dalam Arial Narrow. Nama dicetak tebal, berukuran 12 pt, dan afiliasi diketik dengan huruf yang sama berukuran 10 pt. Judul, nama penulis, dan instansi harus diketik di tengah. Kata kunci maksimal terdiri atas lima kata.

Template abstrak Dapat diunduh pada: http://bit.ly/2DEUOig

  • Makalah Lengkap

Makalah lengkap ditulis dalam bahasa Indonesia, format MS Word, 5-10 halaman (termasuk tabel dan gambar), kertas A4, format margin 25 mm kiri, kanan, atas, dan bawah. Naskah ditulis dalam Arial Narrow menggunakan 11 pt. Style penulisan yang tersedia adalah bold, italic, dan underlined. Disarankan untuk menuliskan teks dalam gambar dan tabel dengan ukuran huruf lebih kecil dari 10 pt. Teks terdiri atas dua kolom (kecuali judul, nama penulis, afiliasi, dan abstrak). Semua teks berspasi tunggal, dengan jarak awal alinea menjorok pada jarak 7 mm. Satu baris kosong (10 pt) harus disediakan antara dua pergantian subbab yang berurutan.

Template prosiding Dapat diunduh pada: http://bit.ly/2DGbndH

 

Abstrak dan full paper dikirimkan melalui email semnaslahanbasah.ulm@gmail.com

Semua Makalah yang layak dan diterima akan diterbitkan dalam format e-ISSN 2623-1980 dan p-ISSN 2623-1611 dalam prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. Publikasi prosiding e-ISSN pada laman http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/

TANGGAL PENTING

Batas Pengumpulan Abstrak 27 Oktober 2018
Batas Pengumpulan Full Paper dan PPT 3 November 2018
Pengumuman Peserta 3 November 2018
Batas Akhir Pembayaran 4 November 2018
Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah 17 November 2018

NARA HUBUNG

Nurul Hidayati Utami, S.Pd., M.Pd                           0859 50 030 618

Rizky Ary Septiyan, S.Pd., M.Pd                               0822 95 275 913

Halimudair, S.Pd                                                        0857 54 029 379