Topik Kajian

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan Universitas Lambung Mangkurat  (ULM) berpijak pada Rencana Induk Riset Nasional, Isu Nasional, Isu Wilayah Kalimantan Selatan, keragaman keilmuan,  sumber daya di dalam dan sekitar lingkungan ULM, dan realitas di tingkat regional, nasional, dan internasional. Arahan penelitian di lingkungan ULM diarahkan pada unggulan Lingkungan Lahan Basah dan  prioritas pengembangan, yaitu 1) pertanian dan lahan basah,  2) sains dasar dan kesehatan,  3) rekayasa dan teknologi, serta  4) sosial humaniora.

Empat prioritas tersebut mencakup sepuluh fokus, yaitu:  1) kemandirian pangan, 2) pertanian di luar pangan (agriculture beyond food),  3) material cerdas,  4) kedokteran dan obat-obatan lingkungan tropika,  5) energi alternatif dan terbarukan,  6) sumber daya alam dan lingkungan,  7) infrastruktur,  8) seni dan budaya,  9) kesejahteraan masyarakat, dan  10) inovasi pendidikan dan pembelajaran.

Topik kajian pada Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat  terdiri dari delapan topik kajian, diantaranya: 1). Pertanian dan Ketahanan Pangan, 2). Kesehatan dan Obat-obatan, 3). Biodiversitas dan Bioteknologi, 4). Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 5). Energi Baru dan Terbaharukan, 6). Hukum dan Kebijakan, 7). Sosial, Ekonomi, Seni, dan Budaya, 8). Pendidikan dan Pembelajarannya.