EFEKTIVITAS E-MODUL IPA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA KONTEKS LAHAN BASAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS
Abstract
Pendidikan saat ini perlu untuk mengintegrasikan teknologi, kearihan lokal untuk mengembangkan potonsi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meghasilkan e-modul IPA berbasis Computational Thinking pada konteks lahan basah yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Wademan dan McKenney. Pengumpulan data menggunkan tes kemampuan berpikir logis yang dilakukan pada 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul IPA berbasis computational thinking efektif utnuk meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik berdasarkan hasil implementasi luas dengan n gain yang diperoleh 0,82 dengan kategori tinggi. Dengan demikian e-modul IPA berbasis computational thinking pada konteks lahan basah yang dikembangkan termasuk efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dalam pembelajaran IPA.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.