EVALUASI MODUL AJAR DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA: STUDI KASUS MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah menengah masih menghadapi sejumlah tantangan yang signifikan, khususnya dalam hal kesiapan para guru di lapangan dan para mahasiswa calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa calon guru Fisika saat mereka terlibat dalam kegiatan asistensi mengajar di sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang menjalani program asistensi mengajar pada tahun 2023. Data penelitian dikumpulkan dengan mengharuskan setiap mahasiswa untuk menyusun modul ajar merekaberdasarkan contoh atau hasil diskusi dengan guru pamong selama pelaksanaan asisten si mengajar. Produk modul ajar tersebut kemudian dianalisis secara mendalam. Hasil analisis menunjukkan adanyabeberapa kelemahan dalam modul ajar yang dikembangkan, terutama terkait dengan penguatan profilpelajar Pancasila. Secara umum, modul ajar yang tersedia tidak memberikan informasi yang cukup mendalam mengenai pengukuran atau pengamatan karakter pelajar Pancasila yang dimaksud. Studi ini menyediakan wawasan yang berharga tentang tantangan dalam implementasi Kurikulum merdeka, khususnya dalam konteks pendidikan Fisika. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan yang berguna untuk meningkatkan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa calon guru dan guru-guru yang berperan dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.