PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN DAN DAMPAK UMPAN BALIK FORMATIF TERHADAP PERKEMBANGAN PENULISAN AKADEMIK SISWA
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada pengembangan rubrik penilaian dan dampak umpan balik formatif yang diberikan sebagai bagian intervensi penulisan proposal penelitian bagi mahasiswa dalam program sarjana tahun kedua. Data kuantitatif dikumpulkan untuk mengukur validitas produk rubrik penilaian dan data kualitatif dikumpulkan untuk menemukan bukti keterlibatan mahasiswa dalam umpan balik formatif, peningkatan kualitas penulisan proposal dan standar penulisan akademik. Praktik umpan balik memerlukan instrumen pendukung berupa rubrik penilaian yang valid sehingga siswa mampu mencapai kesadaran literasi dan penilaian diri atas kinerjanya. Bagi dosen rubrik merupakan instrumen untuk menetapkan kriteria penilaian atas tugas. Bagi siswa, pengalaman dalam memberikan dan menanggapi umpan balik yang dilengkapi dengan instumen rubrik, bersama, secara potensial dapat mencapai standar penulisan yang diharapkan. Pengambilan dan penggunaan umpan balik formatif dinilai dengan analisis komentar umpan balik pada teks penulisan proposal siswa, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa rubrik penilaian dinyatakan valid dan layak digunakan. Hal lainnya menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan komentar umpan balik yang diberikan kepadanya mampu memperbaiki kinerja menulis, terdapat kecenderungan menggunakan komentar umpan balik dari minggu ke minggu. Namun dalam teks penulisan, masalah yang sama tetap ada, menjadi jelas dalam wawancara bahwa mahasiswa memperhatikan komentar umpan balik namun ada keterbatasan untuk menindaklanjutinya. Ini termasuk motivasi siswa yang tinggi dan rendah berdasarkan persepsi diri tentang melahirkan ide/gagasan dan mengungkapkannya sebagai penulis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.