KEBUTUHAN KETERAMPILAN TEKNIK SIGHTED GUIDE BAGI GURU YANG MENANGANI INDIVIDU DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN

Dewi Juwita Susanti Utomo, Kantata Fatwa Jihadi, Purnama Sari

Abstract


Guru berkebutuhan khusus yang menangani individu dengan hambatan penglihatan perlu menguasai teknik sighted guide atau pendampingan awas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dialami guru dalam pendampingan bagi individu dengan hambatan penglihatan dan kebutuhan keterampilan teknik sighted guide bagi guru yang menangani individu dengan hambatan penglihatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni guru yang menangani anak dengan hambatan penglihatan. Pengumpulan data menggunakan angket dengan jawaban terbuka. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengenai kendala yang dialami guru dalam pendampingan bagi individu dengan hambatan penglihatan secara umum yaitu sulitnya menguasai berbagai teknik pendampingan awas dan kekhawatiran terhadap situasi dan kondisi lingkungan yang belum mendukung untuk proses pendampingan awas. Kebutuhan keterampilan sighted guide bagi guru yang menangani individu dengan hambatan penglihatan yakni berbagai teknik dasar seperti pendampingan saat bepergian, pendampingan saat dikeramaian, pendampingan saat di jalan sempit, pendampingan pada saat menaiki kendaraan maupun pendampingan saat mengantar ke kursi atau posisi tertentu. Kebutuhan keterampilan sighted guide diharapkan mampu guru kuasai sebagai bekal dalam memberikan pembelajaran dan pendampingan untuk individu dengan hambatan penglihatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.