LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI TRADITIONAL ECOLOGICAL KNOWLEDGE PADA PEMBELAJARAN STEM DENGAN STRATEGI CASE-BASED LEARNING
Abstract
Media pembelajaran yang digunakan peserta didik saat ini kehilangan unsur pengetahuan lokal yang menjadi pondasi dari sistem pengetahuan yang membentuk persepsi peserta didik mengenai konsep IPA yang adaptif terhadap lingkungan sekitar. Hal itu pada akhirnya berdampak pada literasi sains peserta didik yang rendah. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengintegrasikan pengetahuan lokal dalam lembar kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain Pengembangan ADDIE, dan sampel uji coba sejumlah 73 mahasiswa yang terdiri dari 3 kelompok paralel. Variabel yang diukur adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas, dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket kepraktisan, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah LKPD yang disusun terkategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,806 (95,156%), sangat praktis (82.25%), dan sangat efektif (ngain 0,72). Maka dari itu, LKPD ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran STEM dengan strategi case-based learning.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.