IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS FISIK BERBASIS MULTIMEDIA DAERAH RAWAN BANJIR
Abstract
Latar belakang penelitian ini berasal dari sekolah yang menyesuaikan dengan situasi alam, dimana kadang ketika air pasang akan merendam seluruh halaman sekolah hingga membuat aktifitas pembelajaran penjas/fisik terhambat. Berdasarkan hasil survey dari 2 tahun kebelakang ini memang ada beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Banjar terendam oleh air pasang/ rawan banjir. Tujuan penelitian ini untuk implementasi model pembelajaran yang cocok digunakan saat air pasang dengan mencoba beberapa model pembelajaran yang sudah didesain terkait dengan aktifitas fisik berbasis multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey dengan teknik analisis deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan tes dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukan hasil implemtasi model pembelajaran peer teaching dan kooperatif yang lebih dominan digunakan dalam keadaan banjir, tetapi model pembelajaran variasi lainnya juga tidak menutup kemungkinan dapat digunakan dalam pasca banjir dengan tingkat intensitas penggunaan sebesar 80.2% dan untuk model peer teaching 83.4% untk model kooperatif yang dominan digunakan oleh guru pendidikan jasmani di SMPN 2 Martapura Timur. Dengan demikian dua model pembelajaran ini akan memberikan aktifitas kepada peserta didik dengan alat bantu multimedia.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.