PENERAPAN LATIHAN KOORDINASI SENSOMOTORIK BAGI ANAK USIA DINI DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Masalah sensomotorik berpengaruh terhadap kesadaran lingkungan, kemampuan mengenal diri, pengelolaan emosi, dan kemampuan merespon berbagai input yang berasal dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan layanan latihan koordinasi sensomotorik di laboratorium Pendidikan Khusus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada lima anak usia dini dan usia sekolah. Hasil penelitian mengungkapkan masalah sensomotorik yang nampak pada anak seperti fokus mudah teralih, anak hanya terpaku pada satu aktivitas, sulit memusatkan perhatian, kesulitan dalam mengelola emosi, ceroboh, gerak tampak tidak terkoordinasi, dan kesulitan menguasai keterampilan hidup sehari-hari. Kedua, fokus latihan koordinasi sensomotorik yang diterapkan pada laboratorium Pendidikan Khusus meliputi latihan koordinasi visual-auditori-motorik, vestibular-proprioseptif, dan taktil dengan memanfaatkan berbagai peralatan secara bertujuan sesuai dengan kebutuhan anak. Ketiga, kendala pelaksanaan sensomotorik adalah konsistensi latihan sensomotorik oleh anak dan orang tua saat di rumah sehingga aktivitas yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi orang tua tidak selalu diterapkan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.