PENGEMBANGAN MODUL AJAR TOPIK ALJABAR KELAS VII BERKONTEKS LAHAN BASAH DENGAN STRATEGI REACT

Muhammad Hifdzi Adini Delsika Pramata Sari, Muhammad Yulian, Abdul Rasyied

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengukur kevalidan modul ajar topik Aljabar kelas VII berkonteks lahan basah dengan strategi REACT. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations). Pada penelitian ini, telah dilakukan analisis desain, pengembangan modul ajar, dan evaluasi. Namun, tahap implementasi belum dilakukan. Pengumpulan data dengan pemberian kuesioner validitas modul. Kriteria penilaian validitas konten modul ajar diadaptasi dari kompenen penilaian aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan kebahasaan. Data dianalisis secara kuantitatif. Modul ajar yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang pakar (1 dosen ahli Pendidikan Matematika dan 1 guru matematika SMP). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berupa modul ajar topik Aljabar kelas VII berkonteks lahan basah dengan strategi REACT yang valid, dengan persentase capaian total sebesar 88,02% dan kriteria validitas sangat tinggi. Berdasarkan validasi oleh pakar ditemukan masukan bahwa modul ajar harus direvisi sesuai saran yang diberikan. Selanjutnya, modul ajar dapat digunakan untuk mendukung pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.