PEMANFAATAN E-LEARNING SIMARI DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN IKU UNIVERSITAS

Baseran Nor Suratno, Muhammad Itqan Mazdadi

Abstract


Era revolusi industri 4.0 mengharuskan semua bidang menggabungkan informasi dan teknologi dengan dunia industri. Pendidikan sebagai salah satu industri yang mencetak Sumber Daya Manusia yang handal tidak terlepas dari fenomena tersebut. Universitas Lambung Mangkurat dengan elearning SIMARI-nya ikut andil dalam mencetak generasi muda yang melek teknologi. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan setiap perguruan tinggi untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan beberapa indikator. IKU 7 yang mengharuskan mata kuliah menerapkan Case Method dan Project Based Learning. Namun berdasarkan data, masih banyak mata kuliah yang belum menerapkan salah satu dari model tersebut. Selain itu juga dosen ULM yang menggunakan elearning SIMARI mengalami penurunan dalam 3 tahun terakhir. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana dosen memanfaatkan e-learning SIMARI untuk mencapai IKU 7 ULM. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan populasi dan sampel adalah seluruh dosen ULM yang menggunakan e-learning SIMARI dalam proses pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FKIP adalah fakultas dengan dosen dan mata kuliah terbanyak yang memanfaatkan elearning SIMARI sedangkan yang paling sedikit adalah Fakultas Kehutanan. Berdasarkan semester ganjil 2023 jumlah mata kuliah yang menerapkan model Case Method sebanyak 145, Project Based Learning sebanyak 222, dan model lainnya sebanyak 566.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.