PELATIHAN PENJUALAN PRODUK MELALUI DIGITAL ECOMMERCE

Triando Hamonangan Saragih Aditya Maulana Perdana Putra Okta Muthia Sari, Muhammad Ikhwan Rizki, Satrio Wibowo Rahmatullah

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah memainkan peran aktif dalam pembangunan ekonomi negara. UMKM di Indonesia memiliki kontribusi sebesar 60,03% dari total produk domestik bruto. Banjarmasin memiliki 37.540 UMKM, dimana salah satunya bidang makanan. Mitra memproduksi salah satu kuliner kearifan lokal di Banjarmasin yaitu rabuk (abon) ikan haruan (ikan gabus). Salah satu masalah yang dihadapi mitra adalah mengenai penjualan melalui e-commerce. Pasar produk rabuk dan kerupuk ikan haruan masih terbatas di Kalimantan Selatan, belum menjangkau pasar yang lebih luas. Di era digitalisasi, pelaku UMKM seharusnya melek akan teknologi informasi (TI) agar dapat memudahkan memasarkan produk melalui beberapa platform digital sehingga dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan cara-cara penjualan dan optimalisasi penjualan melalui e-commerce. Pengabdian ini dilakukan melalui pemberian materi dan praktek oleh narasumber. Narasumber pelatihan ini adalah apt. Iwan Hidayat, seorang praktisi penjualan e-commerce. Mitra sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Hasil pengabdian menunjukkan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.