OPTIMALISASI ENERGI TERBARUKAN DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH MELALUI PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM)

S Miriam, E Susilowati, S Suyidno, N Winarno

Abstract


Krisis energi merupakan persoalan penting yang perlu dicarikan solusinya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini terjadi karena sumber energi yang digunakan sekarang ini berasal dari sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Padahal banyak sumber energi terbarukan di sekitar khususnya di daerah lingkungan lahan basah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Namun demikian, sumber energi terbarukan tersebut belum dioptimalisasi semaksimal mungkin. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM terhadap kreativitas ilmiah mahasiswa calon guru dalam memecahkan masalah energi terbarukan di lingkungan lahan basah. Penelitian ini telah melibatkan 23 mahasiswa yang memprogram matakuliah Fisika Terapan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran (mixed methods). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas ilmiah mahasiswa dipengaruhi pembelajaran STEM; dimana kreativitas ilmiah merupakan indikator utama dalam mengembangkan pembelajaran STEM dalam optimalisasi energi terbarukan di daerah lingkungan lahan basah.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.