PHYSICAL LITERACY: KAJIAN SARPRAS PENDUKUNG PEMBELAJARAN PJOK DAN EKTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH DAERAH LAHAN BASAH

Mashud, Supian Hadi, Said Abdillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran fakta sarana dan prasarana pendukung pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), dan ekstrakurikuler olahraga pada sekolah yang berada di daerah lingkungan lahan basah. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan prosentase dan analisis kualitatif yang terdiri dari; 1) pengumpulan data; 2) analisis data; 3) coding data; 4) penarikan kesimpulan atas data. Subyek penelitian dalam penelitian ini terbagi dalam 3 (tiga) kategori yaitu; 1) sekolah dasar, berjumlah 6 (enam) sekolah; 2) sekolah menengah pertama, berjumlah 1 (satu) sekolah; 3) sekolah menengah atas, berjumlah 1 (satu) sekolah. Instrumen penelitian menggunakan indicator sarana-prasarana pembelajaran PJOK pada Permendiknas No. 24 tahun 2007 tentang sarpras sekolah dasar dan menengah. Hasil penelitian, sarpras pendukung pembelajaran PJOK dan ekstrakurikuler olahraga untuk sekolah dasar dalam kategori rendah sekali 0%-47%. Sarpras pendukung pembelajaran PJOK dan ekstrakurikuler olahraga untuk sekolah menegah pertama dan sekolah menegah atas dalam kategori baik yakni 83.3%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.