PENGARUH TEMPERATUR KARBONISASI TERHADAP ADSORBEN TANAH GAMBUT DALAM MENURUNKAN EMISI GAS BUANG DAN EVALUASI PERFORMANCE MESIN KENDARAAN BERMOTOR

Abdul Ghofur, Aqli Mursadin, Apip Amrullah, M.Reynaldi Perdana Saputra, Ahmad Najmi Khairi

Abstract


Unsur karbon pada tanah gambut merupakan potensi sebagai adsorben emisi Hidrokarbon (HC) dan Karbon Monoksida (CO) pada kendaran bermotor. Tujuan penelitian adalah  untuk mengetahui  pengaruh temperatur karbonisasi terhadap adsorben tanah gambut dalam menurunkan  emisi gas buang dan evaluasi performance mesin kendaraan bermotor. Metode penelitian ekperimental ini  mengunakan tanah gambut sebagai adsorben dalam menurunkan emisi gas buang dan eveluasi performance mesin. Tanah gambut diayak dengan ukuran 30 mesh kemudian dikonversi menjadi arang dengan proses karbonisasi pada variasi suhu 200oC, 300OC, dan 400OC selama 1 jam. Selanjutnya direndam dengan larutan kimia H2SO4 sebanyak 25 %,  kemudian di oven pada  suhu 120oC. Arang tanah gambut  kemudian dimasukan pada tabung adsorben dengan ukuran diameter 30 mm dan panjang 80 mm yang dipasang pada ujung knalpot kendaraan bermotor merk  Honda Supra 125 X. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai terendah dari emisi gas buang adalah pada saat temperatur karbonisasi  mencapai 400oC pada pengujian mesin 2000 rpm yaitu dengan nilai CO sebesar 2,57 %  sedangkan nilai emisi CO terbesar adalah  pada saat temperatur karbonisasi  300 oC yaitu 2,97 %,. Untuk nilai terendah dari emisi gas buang HC adalah pada saat temperatur karbonisasi  300oC pada pengujian mesin 2000 rpm, dengan nilai HC sebesar 228 ppm  sedangkan nilai emisi HC  terbesar adalah  pada temperatur karbonisasi  300 oC yaitu nilai HC sebesar 384 ppm. Bila diandingkan dengan nilai emisi karbonmonoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC)  dari mesin uji tidak menggunakan adsorben adalah sebesar 4,41 % untuk emisi  CO dan 920 ppm untuk emisi  HC. Dari hasil penelitian ini menunjukan  bahwa tanah gambut bisa digunakan sebagai adsorben dalam menurunkan emisi gas buang dan  tidak mempengaruhi secara signifikan performance mesin kendaraan bermotor.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.