PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERKONTEKS LAHAN BASAH SEBAGAI PENGUATAN MODEL MENTAL: AUGMENTED REALITY & CHEMICAL REPRESENTATION
Abstract
Media pembelajaran dengan konsep didaktik merupakan salah satu aspek pemenuhan esensi media. Pengembangan media termasuk bahan ajar, modul, video, dan sebagainya tidak bertumpu pada media itu sendiri tetapi bagaimana media pembelajaran tersebut memberikan pengaruh dan dampak terhadap pola pikir peserta didik. Pengintegrasian teknologi dan konsep representasi adalah alternatif cara dalam melakukan pembaharuan dalam memahami materi kimia khususnya bagaimana memperbaiki model mental. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul kimia berkonteks lahan basah sebagai penguatan model mental dengan integrasi Augmented Reality (AR) dan kimia representasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Rasch dengan sampel mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan khususnya analisis model Rasch ditemukan bahwa pemahaman peserta berada pada kriteria baik meskipun beberapa peserta belum sepenuhnya mengalami progres. Selain itu, berdasarkan model ADDIE bahwa pengembangan modul sebagai media pembelajaran perlu mengalami perubahan yakni penyesuaian konten media dengan kondisi peserta didik sehingga peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam belajar. Kesimpulannya, pengembangan modul kimia berkonteks lahan basah dengan integrasi AR & kimia representasi merupakan pembaharuan dalam konteks pembelajaran mengingat sulitnya menghubungkan konteks sains dan lingkungan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.