PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASJID JAMI SUNGAI JINGAH PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI

Noor Fajriah, Yuni Suryaningsih, Hernani Yuliasntui, Alguna Zaidi Nando, Nur Karimah Alitsnaiini

Abstract


Kemampuan siswa dalam pembelajaran geometri perlu dimaksimalkan agar dapat mendorong meningkatkannya kemampuan berpikir logis. Guru dalam pembelajaran geometri diharapkan menggunakan media yang menarik perhatian siswanya. Salah satu media yang diharapkan membangkitkan motivasi belajar siswa adalah komik.  Jadi penelitian ini akan mengembangkan prototipe media komik berbasis etnomatematika Masjid Jami Sungai Jingah pada pembelajaran geometri. Untuk itu maka digunakan metode pengembangan Plomp sebagai kerangka kerja penelitian. Prototipe I Komik dinilai  oleh dua orang validatori dan seorang guru kesenian yang menganalisis keterbacaannya. Berdasarkan langkah metode pengembangan: langkah investigasi awal, desain, konstruksi, dan tes, evaluasi serta revisi maka diperoleh prototipe Komik materi segiempat dan segitiga bernuansa etnomatematika Masjid Jami Sungai Jingah yang memenuhi validitas dan keterbacaan. Komik yang dikembangkan belum diimplementasikan kepada siswa SMP di lingkungan Banjarmasin.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.