Pengembagan Bahan Ajar Transformative Learning Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar di Era Covid-19
Abstract
Self-regulated learning (kemandirian belajar) merupakan suatu proses di mana siswa memiliki inisiatif dan kesadaran atas tanggung jawab diri mereka sendiri, bagaimana mendiagnosa gaya belajar, bagaimana menginterpretasi materi, dan dan bagaimana mengevaluasi pengalaman belajar secara independent. Peningkatan kemandirian belajar di masa Covid-19 berpotensi membantu peserta didik menghadapi situasi stres, depresi, dan gangguan mental selama pandemi. Penelitian yang dilaksanakan yakni menggunakan penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 fase, 1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Disseminate dengan menvisualisasikan validitas, praktikalitas, dan efektifitas bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dengan indikator valid, praktis, dan efektif. Kesimpulannya adalah pengembangan bahan ajar Transformative Learning Berbasis Gaya Belajar merupakan suatu pembaharuan bagi pengajar, khususnya peserta didik dalam belajar selama menghadapi masa pandemi Covid-19 dan bahan ajar ini menjadi media pembelajaran dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.