AUTONOMY BASED STEM LEARNING: BUKU REFERENSI BAGI PENDIDIK KREATIF DAN INOVATIF DI ERA INDUSTRI 4.0
Abstract
Di era industri 4.0; pembelajaran STEM diyakini menjadi trend dunia pendidikan terkini untuk menyiapkan generasi masa depan yang unggul dan kompetitif. Namun, masih banyak pendidik IPA yang kurang menguasai konten dan pedagogis pembelajaran STEM. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku Autonomy Based STEM Learning yang layak sebagai referensi bagi pendidik kreatif di era industri 4.0. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan 4D, namun masih di tahap define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi buku ilmiah yang ditekankan pada aspek materi, format, kebahasaan, mutu dan inovasi pembelajaran. Validasi melibatkan 3 pakar pembelajaran STEM dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil validasi menunjukkan para pakar sepakat bahwa buku yang dikembangkan dapat digunakan sebagai referensi bagi pendidik IPA yang kreatif dan inovatif di era industri 4.0.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.