PERSAINGAN TELEVISI LOKAL DI KALIMANTAN SELATAN BERDASARKAN JENIS KHALAYAK SASARAN
Abstract
Persaingan media penyiaran salah satunya adalah persaingan merebut perhatian khalayak. Penelitian yang telah dilakukan selain bertujuan menentukan kategori sumber penunjang kehidupan (niche breadth) yang dimiliki televisi lokal di Kalimantan Selatan berdasarkan jenis khalayak sasarannya, juga untuk mengukur tingkat persaingan (niche overlap) televisi lokal yang ada di Kalimantan Selatan dalam memperebutkan khalayak sasaran. Objek dalam penelitian ini adalah 1 televisi publik lokal (TVRI Kalsel), dan 1 televisi swasta lokal (Duta TV). Data primer penelitian adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui pengisian instrumen log book khalayak sasaran yang merupakan hasil survey atau estimasi manajemen dari masing-masing televisi. Data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan menggunakan formula niche. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori sumber penunjang (niche breadth) media televisi lokal di Kalimantan Selatan berdasarkan 5 jenis khalayak sasaran, termasuk dalam kategori Generalis, artinya sumber daya penunjang yang dimiliki televisi lokal di Kalimantan Selatan, baik publik maupun swasta berdasarkan jenis khalayak sasarannya cukup beragam. Adapun tingkat persaingan media televisi lokal dalam memperebutkan khalayak sasaran termasuk tinggi. Terdapat 2 jenis khalayak sasaran yang memiliki skor niche overlap paling mendekati 0.000, yaitu khalayak sasaran untuk kelompok jenis kelamin dan status ekonomi sosial, yang artinya televisi lokal di Kalimantan Selatan, baik televisi publik lokal maupun swasta lokal memiliki tingkat persaingan yang tinggi dalam memperebutkan khalayak sasaran dengan kelompok jenis kelamin dan status ekonomi sosial yang sama.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.