PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI EKOLOGI LAHAN BASAH UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI ULM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan instrumen literasi ekologi lahan basah untuk mengukur literasi ekologi mahasiswa Pendidikan Geografi ULM. Instrumen disusun berdasarkan dimensi kognitif Anderson dan Krathwol yang terdiri dari dimensi fakta, konsep, prosedur, dan metakognitif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dengan tidak menyertakan langkah diseminasi produk. Instrumen ini divalidasi oleh dua orang ahli dan diuji coba kepada 55 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 51% item dari instrumen tersebut dinyatakan layak oleh ahli, sedangkan 49% lainnya harus diperbaiki. Setelah dilakukan uji coba, instrumen evaluasi literasi ekologi lahan basah memiliki reliabilitas sebesar 0,7, yang artinya diterima untuk digunakan. Lebih rinci lagi ditemukan bahwa 20 dari 39 item tes benar-salah layak digunakan. Instrumen evaluasi ini masih mungkin untuk diuji coba pada skala yang lebih besar agar tingkat kelayakannya dapat menjadi lebih baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.