PENGEMBANGAN BUKU AJAR SD UNTUK MENINGKATKAN MULTIPLE INTELLIGENCES BERBASIS KEARIFAN LOCAL MASYARAKAT BANJAR PINGGIRAN SUNGAI
Abstract
Pada penelitian ini ditemukan masalah belum adanya pengembangan buku ajar berbasis kearifan local khususnya masyarakat lahan basah yang dapat meningkatkan kecerdasan majemuk siswa sekolah dasar kelas IV. Masalah lainnya buku ajar yang tersedia saat ini hanya buku yang berpusat pada masyarakat pusat/kota tanpa memperhatikan penyesuaian lingkungan masyarakat local pinggiran sungai, selain itu konten isi buku belum ada tersedia mengarah pada budaya dan lingkungan masyarakat setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat buku ajar inovatif yang mampu mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan majemuk siswa kelas IV SD dengan isi konten buku ajar yang mengarah pada pengembangan kearifan local masayarakat pinggiran sungai Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan mengembangkan produk berupa buku ajar siswa kelas IV SD dengan tema berbagai pekerjaan disekitarku berisi konten buku ajar yang dapat mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan majemuk berbasis kearifan local (masayarakat banjar pinggiran sungai). Desain penelitian mengacu pada desain Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa buku ajar tematik siswa kelas IV SD yang memuat pengembangan kecerdasan majemuk berbasis kearifan local layak digunakan, memiliki keefektivitasan untuk digunakan siswa kelas IV SD sesuai dengan hasil evaluasi dari para ahli meteri/konten isi kajian, bahasa, media, dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan uji coba lapangan menyimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test di kelas ekspesimen dan kelas control.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.