IMPLEMENTASI BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI MOBILE
Abstract
Banyaknya perangkat lunak yang belum memenuhi kebutuhan atau keinginan pengguna membuat pentingnya pelaksanaan pengujian. Pengujian merupakan tahap kritis dalam siklus pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk memastikan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Studi ini bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu pengujian yaitu black box terhadap aplikasi mobile yaitu game edukasi yang telah dikembangkan sebelumnya. Pengujian ini mencakup 4 (empat) langkah yaitu identifikasi input, membuat skenario uji, menjalankan pengujian, hingga penarikan kesimpulan. Terdapat 19 (sembilan belas) fitur yang akan diuji, dan ditemukan bahwa semua fitur berhasil atau sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi mobile yang dikembangkan sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Pengujian black box mampu menilai aspek fungsionalitas, aspek kesesuaian, aspek penggunaan, dan hingga aspek keamanan pada aplikasi yang dikembangkan. Pengujian ini mampu memverifikasi bahwa aplikasi berperilaku sesuai dengan spesifikasi fungsional yang telah ditentukan, memvalidasi kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan pengguna dan tujuan bisnis yang telah ditentukan, mendeteksi bug, masalah, atau anomali dalam perilaku aplikasi yang mungkin tidak sesuai dengan harapan, menguji bagaimana aplikasi berinteraksi dengan pengguna dan lingkungan eksternal, dan menilai keamanan aplikasi dan mengidentifikasi potensi kerentanan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.