IMPLEMENTASI CLDW BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SISTEM KOORDINASI MANUSIA
Abstract
Culture Learning Digital Wetland (CLDW) merupakan platform yang diimplementasikan pada
pembelajaran biologi pada tingkat SMA/MA. Siswa harus mengumpulkan informasi yang diperlukan dimana dari permasalahan yang dipilih selanjutnya dilakukan pemecahan masalah dan siswa dapat menemukan solusinya yang dipresentasikan dalam pembelajaran. Masalah yang disajikan dianalisis secara kritis dan sistematis serta dapat menghasilkan kesimpulan dengan tepat. Peningkatan pemecahan masalah memerlukan penerapan situasi belajar yang aktif saat pembelajaran melalui implementasi CLDW berbasis Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experiment) yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelas XI MIPA dimana untuk kelas eksperimen mengimplementasikan CLDW berbasis PBL, dan untuk kelas kontrol dengan model Direct Instruction (pembelajaran langsung). Desain rancangan yang digunakan adalah pre-test and post-test with non-equivalent control group design pada materi sistem koordinasi manusia. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan yang lebih baik pada kelas eksperimen yang mengimplementasikan CLDW berbasis PBL dibanding dengan kelas kontrol dengan model Direct Instruction. Berdasarkan tabel uji N-gain keterampilan pemecahan masalah dapat diketahui, kelas eksperimen yang mengimplementasikan CLDW berbasis PBL pada hasil N-gain 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol hasil N-gain 0,48 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi CLDW berbasis PBL membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem koordinasi manusia.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.