IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR ALGA MIKROSKOPIS PADA PRAKTIKUM BOTANI TUMBUHAN RENDAH MATERI ALGA MIKROSKOPIS

Sri Amintarti, Aulia Ajizah

Abstract


Pemilihan strategi atau media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran akan berdampak pada hasil belajar, agar pembelajaran mudah dipahami,  hendaknya proses pembelajaran melalui strategi dan media belajar yang tepat serta  menggunakan pembelajaran aktif (Active Learning). Mengingat akan perlunya referensi yang mudah dipahami oleh mahasiswa dan dapat menunjang kegiatan praktikum  pada mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah tentang alga mikroskopis, maka perlu ada media gambar yang dapat membantu mahasiswa dalam menemukan objek dan menelaah objek alga mikroskopis yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan media gambar alga mikroskopis yang akan digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikum tentang alga mikroskopis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Kepraktisan diperoleh dari data penilaian media gambar alga mikroskopis, respon mahasiswa, dan respon asisten praktikum sedangkan keefektifan diperoleh dari data ketercapaian ketrampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukan kepraktisan implementasi media gambar alga mikroskopis  yang dilihat dari penilaian media gambar dengan skor 92,2%, respon mahasiswa  terhadap media gambar 45,83 % menyatakan  sangat setuju  dan 36,8 %  menyatakan  setuju, sedangkan respon asisten praktikum  52,08 % menyatakan  sangat setuju dan 33,33 % menyatakan setuju. Untuk keefektifan implementasi media gambar alga mikroskopis diperoleh dari ketercapaian keterampilan proses sains mahasiswa  yang menunjukkan kemampuan mengamati katagori sangat tinggi dengan skor 93,48 serta kemampuan mengklasifikasi dan mengkomunikasikan dengan katagori tinggi dengan skor 84,78 dan 76,09.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.