PERSPEKTIF GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INKLUSIF DI SDN DAERAH BANTARAN SUNGAI BARITO DI KALIMANTAN SELATAN
Abstract
Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas menuntut guru untuk menerima dan melayani peserta dengan kondisi apapun, termasuk anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah; a) Untuk mengetahui kecenderungan penerimaan guru sekolah dasar khususnya di kabupaten/kota di wilayah Bantaran Sungai Provinsi Kalimantan Selatan, terkait dengan Kebijakan Inklusi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kalimantan Selatan. b) Mengetahui pemahaman guru tentang inklusi Pembelajaran di Sekolah Dasar khususnya di kabupaten/kota di wilayah bantaran sungai, c) Untuk mengetahui peran guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran inklusif khususnya di kabupaten/kota di wilayah bantaran Sungai Barito. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas di wilayah Sekolah Dasar di bantaran Sungai Barito. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam (depth interviews), angket dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan a) Kecenderungan penerimaan guru- guru Sekolah Dasar di wilayah bantaran Sungai Barito menunjukkan bahwa rata-rata kurang lebih 80% guru-guru sudah dapat menerima keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah mereka, b) Pemahaman guru-guru Sekolah Dasar di kawasan bantaran Sungai Barito tentang pembelajaran inklusi, menunjukkan bahwa rata-rata lebih dari 80% guru-guru mendorong semua siswa untuk saling bekerjasama, tolong-menolong dan menghormati dalam pembelajaran, membantu belajar dan mengoptimalkan kemampuan siswa, dan guru merasa senang jika siswanya mampu bersaing dengan dirinya sendiri, c) Peran guru-guru Sekolah Dasar di kawasan bantaran Sungai Barito dalam melaksanakan pembelajaran inklusif, menunjukkan bahwa rata-rata lebih dari 80% guru menyadari peran pentingnya sebagai unsur penentu di kelas dalam menciptakan iklim yang kondusif, guru juga memiliki peran penting agar siswa lain dapat menjadi tutorial teman sebaya, memberikan (pengulangan) pada siswa yang memiliki kemampuan yang kurang, dan memberikan pengayaan (enrichment) pada siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Adapun yang terpenting dari peran guru adalah guru dapat menciptakan lingkungan yang ramah untuk belajar semua anak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.