PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS LAHAN BASAH PADA LITERASI SAINS SISWA

Syahmani, Ellyna Hafizah, Sauqina

Abstract


Literasi Sains merupakan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep ilmiah dan proses yang dibutuhkan dalam pemilihan keputusan sehari-hari yang seringnya melibatkan berbagai macam aspek kehidupan, seperti aspek sosial, kultural, maupun ekonomi. Masyarakat yang memiliki literasi sains diharapkan mampu menghadapi masalah serta mengambil keputusan secara cerdas dan berbasis informasi agar dapat menjalani kehidupan yang lebih baik, sebagai individu maupun sebagai upaya hidup bermasyarakat. Pendekatan STEM merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat komponen dalam pembelajaran secara terintegrasi, yakni Science, Technology, Engineering and Math. Studi ini menginvestigasi pengaruh pembelajaran dengan pendekatan STEM terhadap literasi sains peserta didik. Studi ini menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat mempengaruhi literasi sains peserta didik secara signifikan, baik dilihat secara keseluruhan (z=-4,731; p-value=0,000<0,05), maupun berdasarkan tiga aspek literasi sains secara terpisah (p-value=0,000<0,05). Studi ini merekomendasikan agar praktisi pendidikan untuk mempertimbangkan penggunaan STEM dalam pembelajaran untuk melatihkan literasi sains peserta didik. Selain itu Penulis juga menyarankan agar studi lanjutan tentang hubungan antara literasi sains dan literasi lingkungan dapat diselidiki lebih lanjut.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.