VALIDITAS PEMBELAJARAN PEMODELAN FISIKA UNTUK MELATIHKAN KOMPETENSI KEILMUAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Inovasi dalam dunia pendidikan dan pengintegrasian keterampilan abad 21 pada pengajaran fisika perlu terus dilakukan. Mengembangkan kompetensi keilmuan dan keterampilan berpikir kritis merupakan komponen yang tak terpisahkan dalam proses perkuliahan fisika. Berpikir kritis merupakan bagian dari kecakapan abad 21 yang direkomendasikan untuk dimiliki oleh mahasiswa. Kompetensi Kelimuan dan berpikir kritis merupakan kemampuan kognitif sangat penting dalam kesuksesan belajar dan berbagai hal dalam kehidupan nyata. Rendahnya kompotensi kelimuan dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa menyebabkan kendala dalam memahami materi fisika yang sifatnya abstrak menyebabkan perlunya pembelajaran inovatif untuk terwujudnya pencapaian kompetensi keilmuan dan dapat melatihkan keterampilan berpikiri kritis. Penelitian dilaksanakan dalam lima tahap memalui model penelitian Wademan dan McKenney untuk menghasilkan Pembelajaran Pemodelan Fisika yang layak. Uraian ini mengambarkan proses dan hasil validasi bahan ajar yang merupakan tahapan ketiga dari lima tahapan penelitian. Subjek Penelitian ini adalah pembelajaran pemodelan fisika untuk melatihkan kompetensi keilmuan dan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan secara umum telah valid.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.