Authentic Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah: Persepsi Peserta Didik Terhadap Kepraktisan Materi Ajar
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah baik akademik maupun otentik. Namun, keterampilan ini masih belum dioptimalkan dalam proses pembelajaran. Pendekatan authentic learning telah mendapatkan banyak dukungan ilmiah untuk mengatasi masalah serupa ini. Akan tetapi, perangkat pembelajaran yang bermuatan authentic learning, khususnya untuk pembelajaran fisika SMA, masih belum banyak dikembangkan. Fokus penelitian ini ialah mendeksripsikan kepraktisan materi ajar elektronik alat optik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ASSURE. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI pada salah satu sekolah menengah atas di Kota Banjarmasin sebanyak 23 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan materi ajar berkategori praktis dengan skor rata-rata 3,02. Disimpulkan bahwa materi ajar elektronik yang dikembangkan ini praktis digunakan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran alat optik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.