KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER

R. Ati Sukmawati, Mitra Pratmita, Novan Alkaf B. Saputra, Calista Ramadhan, Yogie Prayoga, Nabila Najmi

Abstract


Mengintegrasikan masalah keseharian peserta didik di dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu cara untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi untuk pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel berkonteks lingkungan lahan basah. Metode yang digunakan dalam proses pengembangan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi materi dan lembar validasi media. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian telah dikembangkan sebuah aplikasi untuk pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berkonteks lahan basah, yang valid. Hasil validasi materi menunjukkan kevalidan yang sangat tinggi, sedangkan hasil validasi media menunjukkan kevalidan yang tinggi. Dengan demikian aplikasi pembelajran yang dihasilkan valid untuk digunakan di dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.