STRATEGI KEMITRAAN SEKOLAH DASAR UNGGUL DI KAWASAN LINGKUNGAN LAHAN BASAH

Ahmad Suriansyah Akhmad Riandy Agusta Ratna Purwanti, Akmalya N. R, Ratna P. H, Muhammad A. R, Ilham N. C, Zulhar Latifah

Abstract


Produk sekolah unggul pada kawasan perkotaan dan lingkungan dataran tinggi sudah sangat sering ditemui dan prestasi keberhasilannya dikenal oleh masyarakat luas. Namun, berbeda dengan sekolah yang berada di kawasan lingkungan lahan basahLingkungan lahan basah dengan segala perilaku masyarakat yang ada di dalamnya merupakan sebuah wujud kehidupan dari masyarakat setempat yang menjadi sebuah kearifan lokal. Siswa yang juga menjadi bagian inheren dari penduduk lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara mendalam (depth interview), observasi terhadap semua aktivitas pengelolaan sekolah serta dokumen yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan oleh sekolah. Validasi data dalam penelitian ini dilakukan dengan Triangulasi Sumber, Triangulasi Metode atau Teknik, confirmability dan dependability. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif dari mile and Huberman (2014) yang terdiri dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan simpulan data. Hasil temuan penelitian ini adalah kemitraan yang kuat dengan semua pemangku kepentingan sesuai dengan visi dan misi sekolah, pembentukan tim untuk kemitraan, penyiapan jenis dan kegiatan untuk kemitraan, sosialisasi kemitraan serta Monitoring dan evaluasi yang sistematis secara bersama-sama dengan mitra


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.